Suka Dengan Sesama Jenis

Deskripsi Masalah:
  Seorang laki-laki mengalami ketertarikan terhadap sesama jenis. Ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi orientasi ketertarikannya tersebut, seperti pengalaman masa kecilnya yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak perempuan. Selain itu, lingkungan tempat tinggal dan pergaulannya yang didominasi oleh laki-laki juga bisa menjadi faktor yang membentuk identitas dan orientasi ketertarikan pada sesama jenis. Sehingga hal ini menimbulkan pertanyaan dan refleksi tentang bagaimana faktor lingkungan dan pengalaman hidup dapat mempengaruhi orientasi ketertarikan seorang laki-laki pada sesama jenis.

Pertanyaan:
a. Apa hukumnya bagi seorang laki-laki seperti dalam deskripsi diatas, menyentuh atau melihat laki-laki lain dengan didasari adanya syahwat ?

Jawaban: 
    Seorang laki-laki diharamkan melihat laki-laki lain jika didasari oleh syahwat atau dapat berpotensi menimbulkan fitnah. Jika melihat saja sudah diharamkan, maka otomatis menyentuh juga diharamkan, karena menyentuh dianggap memiliki dampak yang lebih kuat dalam memicu terjadinya syahwat atau fitnah. Sedangkan melihat aurat sesama jenis hukumnya haram meskipun tidak menimbulkan syahwat dan aman dari fitnah.

Catatan: 
1. Auratnya laki-laki ke sesama jenis yaitu antara pusar dan lutut.
2. Auratnya perempuan ke sesama jenis sama seperti auratnya laki-laki yaitu antara pusar dan lutut.

Refrensi:
مغني المحتاج ج: ٣ ص:٢١٣ 
(ﻭﻳﺤﻞ) ﺑﻼ ﺷﻬﻮﺓ ﻋﻨﺪ ﺃﻣﻦ اﻟﻔﺘﻨﺔ (ﻧﻈﺮ ﺭﺟﻞ ﺇﻟﻰ ﺭﺟﻞ) اﺗﻔﺎﻗﺎ (ﺇﻻ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺳﺮﺓ ﻭﺭﻛﺒﺔ) ﻓﻴﺤﺮﻡ -- الى ان قال -- (ﻭاﻟﻤﺮﺃﺓ) اﻟﺒﺎﻟﻐﺔ ﺣﻜﻤﻬﺎ (ﻣﻊ اﻣﺮﺃﺓ) ﻣﺜﻠﻬﺎ ﻓﻲ اﻟﻨﻈﺮ (ﻛﺮﺟﻞ) ﺃﻱ ﻛﻨﻈﺮ ﺭﺟﻞ (ﻭﺭﺟﻞ) ﻓﻴﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻣﻊ اﻷﻣﻦ ﻣﺎ ﻋﺪا ﻣﺎ ﺑﻴﻦ اﻟﺴﺮﺓ ﻭاﻟﺮﻛﺒﺔ، ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻣﻊ اﻟﺸﻬﻮﺓ ﻭﺧﻮﻑ اﻟﻔﺘﻨﺔ -- الى ان قال -- ( ﻭﻣﺘﻰ ﺣﺮﻡ اﻟﻨﻈﺮ ﺣﺮﻡ اﻟﻤﺲ) ﻷﻧﻪ ﺃﺑﻠﻎ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ اﻟﻠﺬﺓ ﻭﺇﺛﺎﺭﺓ اﻟﺸﻬﻮﺓ، ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻪ ﻟﻮ ﻣﺲ، ﻓﺄﻧﺰﻝ ﺃﻓﻄﺮ، ﻭﻟﻮ ﻧﻈﺮ ﻓﺄﻧﺰﻝ ﻟﻢ ﻳﻔﻄﺮ، ﻓﻴﺤﺮﻡ ﻣﺲ اﻷﻣﺮﺩ ﻛﻤﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻧﻈﺮﻩ ﻭﺃﻭﻟﻰ، ﻭﺩﻟﻚ اﻟﺮﺟﻞ ﻓﺨﺬ اﻟﺮﺟﻞ ﺑﻼ ﺣﺎﺋﻞ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻣﻦ ﻓﻮﻕ ﺇﺯاﺭ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺨﻒ ﻓﺘﻨﺔ ﻭﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﺷﻬﻮﺓ.

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ٧٥٠/١
مذهب الشافعية: عورة الرجل: ما بين سرته وركبته في الصلاة والطواف وأمام الرجال الأجانب والنساء المحارم، وأماعورة الرجل أمام النساء الأجانب بالنسبة للنظر، فجميع بدنه، وفي الخلوة: السوأتان فقط.
عورة الحرة ومثلها الخنثى: ما سوى الوجه والكفين، ظهرهما وبطنهما من رؤوس الأصابع إلى الكوعين. وعورة المرأة الحرة بالنسبة للنظر: خارج الصلاة جميع بدنها أمام الرجال الأجانب، وأمام النساء الكافرات ما عدا ما يبدو عند المهنة أي الخدمة والاشتغال بقضاء حوائجها. وأما أمام النساء المسلمات والرجال المحارم: فعورتها كالرجل ما بين السرة والركبة.
ودليل العلماء كافة على وجوب ستر العورة وعدم جواز نظر الرجل إلى عورة الرجل، والمرأة إلى عورة المرأة.

b. Bolehkah seorang laki-laki dalam deskripsi diatas melihat atau menyentuh seorang perempuan tanpa didasari adanya syahwat ?

Jawaban:
    Seorang laki-laki diharamkan melihat atau menyentuh perempuan lain yang bukan mahramnya, meskipun tidak ada syahwat atau aman dari fitnah, hal ini disebabkan karena seorang perempuan sejatinya sudah dianggap sebagai madzinnatus syahwat ( objek yang diduga kuat dapat membangkitkan syahwat ).

Refrensi:
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,3/301
(مهمة) يحرم على الرجل - ولو شيخا هما - تعمد نظر شئ من بدن أجنبية - حرة أو أمة - بلغت حدا تشتهى فيه - ولو شوهاء أو عجوزا - وعكسه، خلافا للحاوي - كالرافعي - وإن نظر بغير شهوة أو مع أمن الفتنة على المعتمد،
(قوله: وإن نظر بغير شهوة) غاية في حرمة تعمد نظر الرجل، ولو قدمها على قوله وعكسه ثم قال ومثله العكس لكان أولى: أي يحرم تعمد النظر وإن نظر بغير شهوة وهي التلذذ بالنظر.
وقوله أو مع أمن الفتنة: هي ميل النفس ودعاؤها إلى الجماع. وقوله على المعتمد: مقابله يقول بحل النظر مع عدم الشهوة وأمن الفتنة، لكن في خصوص الوجه والكفين.

مغني المحتاج ج: ٣ ص:٢١٣ 
(ﻭﻳﺤﻞ) ﺑﻼ ﺷﻬﻮﺓ ﻋﻨﺪ ﺃﻣﻦ اﻟﻔﺘﻨﺔ (ﻧﻈﺮ ﺭﺟﻞ ﺇﻟﻰ ﺭﺟﻞ) اﺗﻔﺎﻗﺎ (ﺇﻻ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺳﺮﺓ ﻭﺭﻛﺒﺔ) ﻓﻴﺤﺮﻡ -- الى ان قال -- (ﻭاﻟﻤﺮﺃﺓ) اﻟﺒﺎﻟﻐﺔ ﺣﻜﻤﻬﺎ (ﻣﻊ اﻣﺮﺃﺓ) ﻣﺜﻠﻬﺎ ﻓﻲ اﻟﻨﻈﺮ (ﻛﺮﺟﻞ) ﺃﻱ ﻛﻨﻈﺮ ﺭﺟﻞ (ﻭﺭﺟﻞ) ﻓﻴﻤﺎ ﺳﺒﻖ ﻓﻴﺠﻮﺯ ﻣﻊ اﻷﻣﻦ ﻣﺎ ﻋﺪا ﻣﺎ ﺑﻴﻦ اﻟﺴﺮﺓ ﻭاﻟﺮﻛﺒﺔ، ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻣﻊ اﻟﺸﻬﻮﺓ ﻭﺧﻮﻑ اﻟﻔﺘﻨﺔ -- الى ان قال -- ( ﻭﻣﺘﻰ ﺣﺮﻡ اﻟﻨﻈﺮ ﺣﺮﻡ اﻟﻤﺲ) ﻷﻧﻪ ﺃﺑﻠﻎ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ اﻟﻠﺬﺓ ﻭﺇﺛﺎﺭﺓ اﻟﺸﻬﻮﺓ ، ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺃﻧﻪ ﻟﻮ ﻣﺲ، ﻓﺄﻧﺰﻝ ﺃﻓﻄﺮ، ﻭﻟﻮ ﻧﻈﺮ ﻓﺄﻧﺰﻝ ﻟﻢ ﻳﻔﻄﺮ، ﻓﻴﺤﺮﻡ ﻣﺲ اﻷﻣﺮﺩ ﻛﻤﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻧﻈﺮﻩ ﻭﺃﻭﻟﻰ، ﻭﺩﻟﻚ اﻟﺮﺟﻞ ﻓﺨﺬ اﻟﺮﺟﻞ ﺑﻼ ﺣﺎﺋﻞ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻣﻦ ﻓﻮﻕ ﺇﺯاﺭ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺨﻒ ﻓﺘﻨﺔ ﻭﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﺷﻬﻮﺓ.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url