Praktik Kirim Arwah Sebelum Salat Hari Raya Idul Fitri Atau Adha
















Deskripsi Masalah:
   Di beberapa masjid ketika hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha sering terjadi praktik kirim arwah dengan membaca Surat Al-Fatihah, Tahlilan, bahkan Istighosah sebelum salat Id dilakukan.
  Praktik ini biasanya dilakukan secara berjama'ah dan berlangsung cukup lama, sehingga dapat memperlambat pelaksanaan salat Id dan mengganggu waktu yang seharusnya digunakan untuk membaca Takbir, Tahlil, dan Tahmid yang merupakan bagian kesunnahan sebelum salat Id dilakukan.
 
Pertanyaan:
a. Bagaimana hukum melakukan praktik kirim arwah yang dapat memperlambat pelaksanaan salat Id ?

Jawaban:
   Praktik kirim arwah sebagaimana dalam deskripsi masalah diatas hukumnya Boleh dengan pertimbangan:
1. Tidak adanya larangan mengakhirkan salat Id dari awal waktu atau dari waktu yang disunnahkan.
2. Tidak adanya waktu jawaz karohah dan waktu tahrim dalam pelaksanaan salat Idul Fitri dan Idul Adha.

Catatan:
1. Waktu salat Id:
a. Awal waktu: ketika matahari terbit dengan sempurna.
b. Waktu yang disunnahkan: diakhirkan sampai matahari terbit dengan ketinggian perkiraan satu tombak.
c. Akhir waktu: sampai tergelincirnya matahari.
2. Disunnahkan untuk sedikit mengakhirkan pelaksanaan salat Idul Fitri dari awal waktu yang sudah ditetapkan dan sunnah melaksanakan sholat Idul Adha di awal waktu yang sudah ditetapkan.
3. Sebaiknya bagi para jama'ah melaksanakan salat Id diwaktu yang disunnahkan, agar dapat memperoleh lebih banyak lagi keutamaan dan pahala kesunnahan.

Refrensi:
البيان في مذهب الإمام الشافعي، ٦٢٦/٢
مسألة وقت صلاة العيد وأول وقت صلاة العيد إذا طلعت الشمس، وتم طلوعها. والمستحب أن يؤخرها حتى يرتفع قيد رمح. وآخره إذا زالت الشمس. والمستحب أن يؤخر صلاة عيد الفطر عن أول الوقت قليلا، ويصلي الأضحى في أول وقتها لما روي: أن النبي صلى الله عليه وسلم كتب إلى عمرو بن حزم أن آخر صلاة الفطر، وعجل صلاة الأضحى، وذكر الناس. ولأن الأفضل إخراج الفطرة قبل الصلاة، فأخرت الصلاة ليتسع الوقت لذلك، والسنة أن يضحي بعد الصلاة، فقدمت ليرجع إلى الأضحية.

نهاية الزين، صفحة ٤٩
وللظهر سبعة أوقات وقت فضيلة أي وقت لوقوع الصلاة فيه فضل يزيد على ما بعده وهو أول الوقت بمقدار أكل لقيمات يقمن صلبه وستر العورة والتطهر والأذان والإقامة وصلاة الفرض برواتبه القبلية ووقت اختيار أي وقت يختار فيه فعل الصلاة بالنسبة لما بعده. ووقت جواز كراهة يدخل بأول الوقت كوقت الفضيلة ويمتد إلى أن لا يبقى من الوقت ما يسع الفرض فقط. ووقت حرمة أي يحرم تأخير الصلاة إليه وهو أن لا يبقى من الوقت ما يسع فروض الصلاة. ووقت عذر وهو وقت العصر لمن يجمع تأخيرا في السفر. ووقت ضرورة وهو وقت زوال الموانع وهو آخر الوقت ولو بمقدار ما يسع تكبيرة الإحرام كأن زال الصبا أو الجنون أو الحيض أو النفاس أو الكفر وقد بقي من وقت الصلاة ما يسع تكبيرة الإحرام فقط. ووقت إدراك وهو وقت طروء الموانع فإذا طرأ مانع من جنون أو إغماء أو حيض أو نفاس في الوقت واستغرق باقيه وكان أدرك من الوقت قبل طروء المانع زمنا يسعها ويسع طهرها الذي لا يصح تقديمه على الوقت كالتيمم ووضوء صاحب الضرورة وجبت وإلا فلا.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url