Meyakini Adanya Malapetaka Di Malam Satu Suro
Deskripsi Masalah:
Malam satu Suro merupakan salah satu malam yang dianggap istimewa dalam budaya Jawa, yang diyakini memiliki keutamaan dan makna spiritual tertentu. Dalam tradisi ini, banyak amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam satu Suro, seperti berdoa, berdzikir, dan melakukan ritual keagamaan lainnya. Namun, terdapat juga kebiasaan di kalangan masyarakat Jawa yang meyakini bahwa pada malam satu Suro sebaiknya tidak keluar rumah, karena diyakini dapat meningkatkan risiko terkena bahaya atau malapetaka. Keyakinan ini menimbulkan perbedaan pendapat tentang bagaimana seharusnya menyikapi malam satu Suro, antara menjalankan amalan keagamaan atau mengikuti tradisi untuk tetap berada di dalam rumah demi keselamatan.
Pertanyaan:
a. Bagaimana pandangan Islam terhadap keyakinan tersebut ?
Jawaban:
Keyakinan bahwa malam satu Suro adalah waktu yang membawa malapetaka dan harus dihabiskan di dalam rumah tidak dapat dibenarkan karena pertimbangan:
1. Tidak adanya dalil yang tegas yang menjelaskan akan hal itu.
2. Tidak ada hari sial dalam Islam.
3. Keyakinan semacam itu dapat dikategorikan sebagai bentuk tatoyyur, yaitu anggapan sial atau buruk berdasarkan tanda-tanda tertentu tanpa dasar yang jelas.
4. Beruntung atau sial itu murni kehendak dan kuasa dari Allah SWT.
Dengan demikian, sebaiknya umat Islam tetap fokus menjalankan ritual ibadah atau amalan-amalan positif pada malam satu Suro ( meskipun hal itu dilakukan diluar rumah ), daripada mempercayai keyakinan yang tidak memiliki dasar yang jelas.
Catatan:
Keyakinan seorang hamba dapat di klasifikasikan menjadi 4:
1. Orang yang mempercayai dan meyakini bahwa segala sesuatu hanya bergantung pada sebab dan akibat, tanpa peran Allah, seperti percaya bahwa dukun atau dokter dapat mengobati dan menyembuhkan pasiennya dengan sendirinya ( tanpa ada peran dari Allah ), maka orang tersebut dihukumi kafir berdasarkan kesepakatan para ulama.
2. Orang yang mempercayai dan meyakini bahwa kesembuhan pasien terjadi karena kekuatan atau kelebihan yang diberikan Allah kepada dukun atau dokter, maka menurut pendapat yang paling shahih, orang tersebut tidak sampai pada tingkat kufur, tetapi lebih kepada fasiq dan ahli bid'ah.
3. Orang yang mempercayai dan meyakini bahwa hanya Allah yang memberikan pengaruh kesembuhan, namun juga meyakini bahwa hukum sebab-akibat adalah sesuatu yang pasti dan tidak dapat berubah, maka orang tersebut dapat disebut jahil atau bodoh.
4. Orang yang mempercayai dan meyakini bahwa hanya Allah yang memberikan pengaruh kesembuhan, dan memahami bahwa sebab-akibat hanya berdasarkan kebiasaan secara umum yang tidak menutup kemungkinan bisa berubah, maka orang tersebut termasuk golongan mukmin yang selamat.
Refrensi:
الفتاوى الحديثية لابن حجر الهيتمي ج 1 / ص 59
وسئل نفع الله بعلومه: السؤال عن النحس والسعد وعن الأيام والليالي التي تصلح لنحو السفر والإنتقال ما يكون جوابه ؟
فأجاب رضي الله عنه: من يسأل عن النحس وما بعده من لا يجاب إلا بالإعراض عنه وتسفيه ما فعله ويبين له قبخه، وأن ذلك من سنة اليهود لا من هدي المسلمين المتوكلين على خالقهم وبارئهم الذين لا يحسبون وعلى ربهم يتوكلون، وما ينقل من ذلك عن الأيام المنقوطة ونحوها عن علي كرم الله وجهه باطل كذب لا أصل له فليحذر من ذلك والله أعلم.
غاية تلخيص المراد بهامش بغية المسترشدين ص: ٢٠٦
(مسألة) إذا سأل رجل آخر هل ليلة كذا او يوم كذا يصلح للعقد او النقلة فلا يحتاج إلى جواب لأن الشارع نهى عن إعتقاد ذلك وزجر عنه زجرا بليغا فلا عبرة بمن يفعله. وذكر إبن الفركاح عن الشافعي أنه إن كان المنجم يقول ويعتقد أنه لا يؤثر إلا الله ولكن أجرى الله العادة بأنه يقع كذا عند كذا، والمؤثر هو الله عز وجل، فهذه عندي لابأس فيه وحيث جاء الذم يحمل على من يعتقد تأثير النجوم وغيرها من المخلوقات. وأفتى الزملكاني بالتحريم مطلقا. اهـ
شرح النواوي على مسلم ج: ١٤ ص: ٢١٨
والتطير التشاؤم وأصله الشيء المكروه من قول أو فعل أو مرئي وكانوا يتطيرون بالسوانح والبوارح فينفرون الظباء والطيور فإن أخذت ذات اليمين تبركوا به ومضوا في سفرهم وحوائجهم وإن أخذت ذات الشمال رجعوا عن سفرهم وحاجتهم وتشاءموا بها فكانت تصدهم في كثير من الأوقات عن مصالحهم فنفى الشرع ذلك وأبطله ونهى عنه وأخبر أنه ليس له تأثير بنفع ولاضر فهذا معنى قوله صلى الله عليه وسلم لا طيرة وفي حديث آخر الطيرة شرك أي إعتقاد أنها تنفع أو تضر إذ عملوا بمقتضاها معتقدين تأثيرها فهو شرك لأنهم جعلوا لها أثرا في الفعل والإيجاد.
تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي ,7/217
ومر آنفا حكم تخيل غير الموطوءة قيل يحسن تركه ليلة أول الشهر ووسطه وآخره لما قيل إن الشيطان يحضره فيهن ويرد بأن ذلك لم يثبت فيه شيء وبفرضه الذكر الوارد يمنعه.
تحفة المريد ص : 58
فمن إعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر فى مسبباتها الحرق والقطع والشبع والرى بطبعها وذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة خلقها الله فيها ففي كفره قولان والأصح أنه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق أفعال نفسه الإختيارية بقدرة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم ومن إعتقد المؤثر هو الله لكن جعل بين الأسباب ومسبباتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تخلفها فهو جاهل وربما جره ذلك إلى الكفر فإنه قد ينكر معجزات الأنبياء لكونها على خلاف العادة ومن إعتقد أن المؤثر هو الله وجعل بين الأسباب والمسببات تلازما عاديا بحيث يصح تخلفها فهو المؤمن الناجي إن شاء الله إهـ