Penceramah Di Era Modern

Deskripsi Masalah:
  Penceramah memiliki peran penting dalam memberikan pengetahuan dan pemahaman soal agama kepada masyarakat. Namun, di era modern ini, terdapat penceramah yang menetapkan tarif untuk ceramahnya berdasarkan jarak lokasi, baik dekat maupun jauh. Dalam praktiknya, kesepakatan antara penceramah dan pengundang sering kali dituangkan dalam bentuk kontrak yang ditandatangani dan diberi materai. Untuk memastikan komitmennya, pengundang biasanya diwajibkan untuk membayar uang muka atau DP terlebih dahulu. Namun anehnya, jika penceramah berhalangan hadir karena suatu alasan, uang muka yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan lagi, sehingga menimbulkan kerugian finansial bagi pengundang. Bahkan anehnya lagi, jika bisyaroh penceramah kurang tidak sesuai dengan kesepakatan awal, maka akan ada pihak dari tim penceramah yang akan menagih kekurangannya tersebut.

Pertanyaan:
a. Bagaimana hukum transaksi yang dilakukan oleh pengundang dan penceramah sebagaimana dalam deskripsi masalah diatas ?

Jawaban:
Menimbang:
1. Transaksi antara pengundang dan penceramah dapat dikategorikan sebagai akad Ju'alah, di mana penceramah menyanggupi untuk mengisi ceramah sesuai yang diminta pengundang dengan imbalan tertentu.
2. Dalam akad Ju'alah, imbalan atau Ju'lu baru dapat diberikan setelah penceramah mampu menyelesaikan tugasnya sesuai harapan pihak pengundang.
3. Adanya persyaratan yang ditetapkan pada saat akad, seperti pembayaran uang muka (DP) yang tidak dapat dikembalikan jika penceramah berhalangan hadir, dapat merusak keabsahan akad Ju'alah itu sendiri.

Memutuskan:
    Berdasarkan pertimbangan di atas, maka transaksi antara pengundang dan penceramah hukumnya tidak sah karena adanya persyaratan yang ditetapkan tidak sesuai dengan prinsip-prinsip akad Ju'alah.

Refrensi:
المجموع شرح المهذب,15/116
وقد روى البخاري رواية عن ابن عباس بلفظ (أن نفرا من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم مروا بماء فيهم لديغ أو سليم فعرض لهم رجل من اهل الماء فقال: هل فيكم من راق فان الماء رجلا لديغا أو سليما، فانطلق رجل منهم فقرا بفاتحة الكتاب على شاء، فجاء بالشاء إلى اصحابه فكرهوا ذلك وقالوا: اخذت على كتاب الله اجرا؟ حتى قدموا المدينة فقالوا: يا رسول الله اخذ على كتاب الله اجرا، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ان احق ما أخذتم عليه اجرا كتاب الله) قوله (فاستضافوهم) في رواية للترمذي انهم ثلاثون رجلا. وقد روى الحاكم رواية أبى سعيد الخدرى على انه هو الرقى، وهى على شرط مسلم. قال الزركشي: ويستنبط منه جواز الجعالة على ما ينتفع به المريض من داوء أو رقبة وان لم يذكروه. وهو متجه ان حصل به تعب والا فلا اخذا مما ياتي. على ان الاجماع منعقد على جوازها لما تدعو إليه الحاجة من ضالة، أو عمل لا يقدر عليه ولا يجد من يتطوع به، ولا تصح الاجارة عليه لجهالة، فجاز ان يجعل له جعلا كالاجارة والقراض.

حاشيتا قليوبي وعميرة، ١٣٤/٣
(ولكل منهما) أي الجاعل والعامل (الفسخ قبل تمام العمل فإن فسخ قبل الشروع) فيه من المالك أو العامل المعين القابل. (أو فسخ العامل بعد الشروع) فيه (فلا شيء له) في المسألتين لأنه لم يعمل في الأولى ولم يحصل غرض المالك في الثانية. (وإن فسخ المالك بعد الشروع فعليه أجرة المثل) لما عمل (في الأصح). (ولو مات الآبق في بعض الطريق أو هرب فلا شيء للعامل) لأنه لم يرده. قوله: (لأنه لم يرده) أي والجعل إنما يستحق بتمام العمل، فلم يحصل شيء من مقصود الجاعل،

نهاية المحتاج .3/476-477
(ولا يصح بيع العربون ) - الى أن قال - بأن يشتري سلعة ويعطيه دراهم مثلا وقد وقع الشرط في الصلب العقد علي انه انما اعطاها لتكون من الثمن ان رضي السلعة والا فهي هبة.

نيل الأوطار، ١٨٢/٥
والعلة في النهي عنه إشتماله على شرطين فاسدين: أحدهما: شرط كون ما دفعه إليه يكون مجانا إن اختار ترك السلعة، والثاني: شرط الرد على البائع إذا لم يقع منه الرضا بالبيع.

b. Jika tidak sah, bagaimana status uang yang telah diterima oleh penceramah tersebut ?

Jawaban:
  Status uang yang diterima oleh penceramah diperinci sebagaimana berikut:
1. Jika setelah terjadi akad, penceramah ternyata berhalangan hadir dan tidak dapat melaksanakan tugasnya, maka status uang muka yang telah diterima oleh penceramah adalah haram. Dalam hal ini, penceramah wajib mengembalikan uang muka tersebut kepada pihak pengundang secara penuh.
2. Jika penceramah hadir dan berhasil menyelesaikan tugas ceramahnya, maka penceramah tersebut hanya berhak mendapatkan imbalan yang sepadan dengan ceramah yang disampaikan (Ju'lu Mitsil), bukan imbalan yang telah disepakati sebelumnya (Ju'lu Musamma). Oleh karena itu, 
a. Bilamana Ju'lu Mitsil lebih rendah dari Ju'lu Musamma yang diberikan, maka sisa uang yang ada ditangan penceramah statusnya haram dan wajib dikembalikan kepada pihak pengundang.
b. Bilamana uang yang diberikan oleh pihak pengundang kepada penceramah ternyata kurang dari Ju'lu Mitsil, maka pihak pengundang wajib menambah kekurangannya.

Catatan:
• Ju'lu Musamma adalah imbalan yang telah disebutkan dan disepakati oleh kedua belah pihak pada saat akad berlangsung.
• Ju'lu Mitsil adalah imbalan yang sepadan atau setara dengan pekerjaan yang dilakukan, berdasarkan jenis pekerjaan dan kondisi pasar yang berlaku.

Refrensi:
فتاوى الرملي ج 2 صـ 470
(سئل) هل المأخوذ بالبيع الفاسد مع رضا المتبايعين حلال أم لا ؟ (فأجاب) بأنه لا يحل للآخذ له التصرف فيه لأنه يجب على كل منهما رد ما أخذه على مالكه.

نهاية الزين، صفحة ٢٥٨
الركن الرابع المنفعة فلا يصح عقد إجارة إلا (في) محض (منفعة) حالة فلا يصح استئجار البستان للثمار والشاة للبنها أو لصوفها أو ولدها والبركة لسمكها ولا يصح استئجار جحش صغير لأن وضع الإجارة على تعجيل المنافع ولا يصح إلا في منفعة (متقومة) أي لها قيمة ليحسن بذل المال في مقابلتها كاستئجار ريحان للشم وطائر للأنس بصوته أو لونه وشجرة للاستظلال بظلها فلا يصح استئجار آلات اللهو كالطنبور والمزمار والرباب ونحوها فإن استئجارها حرام يحرم بذل الأجرة في مقابلتها ويحرم أخذ الأجرة لأنه من نوع أكل الأموال بالباطل ولا يصح استئجار الطعام لتزيين الحوانيت لأن منفعتها تافهة ولا يصح استئجار بياع على كلمة لا تتعب قائلها عادة.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٤٢/٣
أما إذا ذكر أجرة، فيستحقها قطعا إن صح العقد، وإلا فأجرة المثل. (قوله: أما إذا ذكر أجرة) محترز قوله ولم يذكر أحدهما أجرة (قوله: فيستحقها) أي يستحق العامل الأجرة. وقوله قطعا، أي بلا خوف، وقوله إن صح العقد، أي بأن استكمل الشروط المارة (قوله: وإلا فأجرة المثل) أي وإن لم يصح العقد فيستحق أجرة المثل، لا المسمى.

حاشيتا قليوبي وعميرة، ١٣٤/٣
(ولكل منهما) أي الجاعل والعامل (الفسخ قبل تمام العمل فإن فسخ قبل الشروع) فيه من المالك أو العامل المعين القابل. (أو فسخ العامل بعد الشروع) فيه (فلا شيء له) في المسألتين لأنه لم يعمل في الأولى ولم يحصل غرض المالك في الثانية. (وإن فسخ المالك بعد الشروع فعليه أجرة المثل) لما عمل (في الأصح). (ولو مات الآبق في بعض الطريق أو هرب فلا شيء للعامل) لأنه لم يرده. قوله: (لأنه لم يرده) أي والجعل إنما يستحق بتمام العمل، فلم يحصل شيء من مقصود الجاعل،

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url